ads

Cara Mengatasi Tenggorokan Gatal


Hittopinfo-Tenggorokan yang terasa gatal kadang bisa membuat seseorang stress karena tidak kunjung sembuh meskipun telah diobati, meskipun demikian ada beberapa hal sederhana yang patut dicoba untuk mengatasi rasa gatal pada tenggorokan.

Didalam tenggorokan terdapat selaput lendir yang terdiri dari beberapa susunan syaraf, lendir tersebut berguna untuk melindungi ujung-ujung syaraf dan dinding bagian dalam tenggorokan. Lendir diproduksi oleh kelenjar kecil yang ada pada selaput lending, selain bertugas untuk melindungi syaraf pada tenggorokan, lendir juga berfungsi sebagai pengatur kelancaran arus makanan yang Anda telan juga udara yang masuk saat kita bernafas. Jika kelenjar lendir tidak menghasilkan lendir yang cukup, hal yang akan terjadi adalah ujung-ujung syaraf tenggorokan mengalami iritasi dan timbullah reaksi gatal pada tenggorokan

Tenggorokan gatal dapat menyebabkan batuk ataupun sebaliknya, karena menderita batuk tenggorokan akan terasa gatal. Untuk mengurangi rasa gatal pada tenggorokan, ada baiknya untuk diketahui pemicu rasa gatal sehingga dalam penangananya akan lebih tepat sasaran.

Penyebab timbulnya rasa gatal di tenggorokan
- Alergi terhadap lingkungan yang kurang bersih
– Akibat menderita batuk dan pilek
– Karena alergi pada makanan yang terlanjur dimakan
– Penyakit asma
– Menderita infeksi gangguan saluran pernafasan
– Terkena iritasi debu atau udara kering
– Asam lambung
– Muntah secara terus menerus
– Tumor tenggorokan
– Bernyanyi dan berbicara dengan nada suara yang keras dalam kurun waktu yang lama

Rasa gatal tenggorokan kadang kala juga disertai dengan kondisi sulit bernafas, jika ini sering Anda alami, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter spesialis kepercayaan Anda.

Tips sederhana mengatasi rasa gatal di tenggorokan:

a) Minumlah madu yang bisa Anda konsumsi langsung ataupun dengan cara diseduh menggunakan air hangat

b) Minum air jahe hangat
Jahe diketahui mengandung senyawa bioaktif fitonutrien yang ditemukan dalam makanan tertentu yang bermanfaat bagi kesehatan juga berperan untuk meningkatkan kekebalan tubuh dalam melawan infeksi penyebab sakit tenggorokan.

Selain itu, jahe juga diyakini memiliki sifat antimikroba yang dapat membantu melawan infeksi bakteri ataupun virus.

Gunakanlah madu jikaa ingin mendapatkan sensasi manis, jangan campurkan dengan gula pasir.

c) Berkumur dengan air garam.
Tambahkan setengah sendok teh garam ke dalam 250 ml air hangat dan aduk rata. Kumur-kumur selama 10 detik dan kemudian ludahkan, JANGAN ditelan.

Garam bersifat mengikat air pada peradangan sehingga membantu mengurangi lendir (yang menyebabkan rasa gatal dan menggelitik di tenggorokan).
Cara ini baik dilakukan saat sebeum tidur.

d) Minumlah air putih banyak-banyak.
Dehidrasi adalah satu dari banyak penyebab umum tenggorokan gatal, karena tenggorokan menjadi kering dan tidak ada cukup lendir untuk melumasi dan melindungi jaringan sensitif. .

e) Gunakanlah pelembab udara saat musim dingin, karena musim dingin di wilayah tropis biasanya disertai udara yang kering, dan keadaan inilah salah satu pemicu rasa gatal pada tenggorokan

f) Dengan air kelapa muda
Air kelapa muda kaya akan asam amino dan vitamin, air kelapa muda juga mengandung fitokimia yaitu senyawa tanin yang bersipat anti bakteri yang mampu menghambat pertumbuhan bakteri.

Itulah tips untuk menghilangkan rasa gatal pada tenggorokan anda. Semoga bermanfaat.





Post a Comment

0 Comments